Sabtu, 02 Maret 2013

Seamus O’Connell: 1930-2013


Seamus O’Connell: 1930-2013 O’Connell, salah satu pemain yang membawa Chelsea menjadi juara pertama kalinya di musim 1954/55, meninggal dunia dengan tenang di rumahnya di Spanyol dalam usia 83 tahun.
Pemain yang berposisi sebagai inside-forward ini memiliki karir yang singkat namun penting di Chelsea, dengan debutnya di Stamford Bridge yang spektakuler hanya enam bulan sebelum klub meraih gelar juara liga pertama, 50 tahun setelah klub didirikan. O’Connell juga merupakan salah satu anggota tim yang hadir sebagai tamu kehormatan setengah abad kemudian ketika trofi juara liga kedua kami diberikan kepada tim musim 2004/05.

O’Connell bergabung dengan Chelsea menjelang dimulainya musim 54/55. Ia bekerja di bisnis peternakan keluarganya dan seperti beberapa rekannya di skuat, seperti Jim Lewis dan Derek Saunders, ia tetap menjadi pemain amatir di klub.
O’Connell melakukan debutnya di bulan Oktober musim itu, di hadapan 56.000 penonton menghadapi Manchester United di awal era “Busby Babes”.
Yang terjadi adalah salah satu pertandingan paling hebat yang terjadi di The Bridge. O’Connell mampu menyamakan kedudukan setelah Man United unggul terlebih dahulu. Ia kemudian mencetak gol keduanya ketika skor 6-3, lalu mencetak hat-trick, namun tim tetap gagal menang karena skor akhir adalah 6-5 untuk Man U. Matt Busby sebelumnya pernah mencoba membujuk O’Connell untuk bergabung dengan timnya sebagai pemain profesional.
Bisnis keluarga yang harus ia jalani membuat kesempatannya untuk bermain menjadi terbatas, dan Les Stubbs mengambil kembali jersey nomor 10 yang dikenakan oleh O’Connell.
Pada awal April, O’Connell mencetak gol penting di laga yang menentukan gelar juara, yaitu laga melawan Wolves.
Di pertandingan selanjutnya, O’Connell dan rekan-rekan setimnya mampu mengalahkan Sheffield Wednesday dan diangkat menjadi juara Inggris. Di musim pertamanya, ia mencetak delapan gol dalam 11 penampilan.
O’Connell lalu mencetak tiga gol dalam lima pertandingan pertama musim berikutnya, namun pekerjaan utamanya akhirnya membuatnya pergi dari klub dan karir sepakbolanya kemudian ia habiskan di Crook Town dan Carlisle. Ia juga bermain untuk Inggris di level amatir.
Total, O’Connell bermain dalam 17 pertandingan bagi Chelsea dan mencetak 12 gol. Ia menghabiskan banyak waktunya dengan tinggal di Spanyol, dan kembali ke Chelsea untuk makan malam reuni bersama skuat 1955 (di foto di bawah, O’Connell berada lima dari kiri), di perayaan satu abad klub dan presentasi trofi juara liga tahun 2005.
Chelsea Football Club sangat sedih dengan kepergian Seamus dan mengirimkan duka cita kami kepada keluarga dan teman-temannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar