Senin, 18 Februari 2013

Jelang Liga Champions - Hadapi Bayern, Arsenal Didukung Rekor Apik

FOTO:Bongarts/Getty ImagesMeski berlaku sebagai tuan rumah, Arsenal tetap dianggap inferior dari Bayern Munich. Namun demikian, tim London Utara ini punya kans menang, setidaknya menurut catatan statistik.

Arsenal akan lebih dulu menjamu Bayern di Emirates Stadium pada Rabu (20/2/2013) dinihari WIB untuk melakoni pertarungan leg pertama babak 16 Besar Liga Champions.

The Gunners mendapat modal tidak bagus dengan kekalahan menyesakkan atas Blackburn Rovers 0-1 yang membuat mereka tersingkir di Piala FA. Tekanan kepada pasukan Arsene Wenger ini semakin besar karena Liga Champions, menjadi satu-satunya trofi yang masih bisa diperoleh setelah tercecer jauh dalam persaingan perebutan juara liga dan terdepak di Piala Liga.

Di lain kubu, Die Roten justru masih perkasa. Selain jauh mengungguli para rivalnya dalam persaingan meraih juara Bundesliga, Bayern juga masih bertahan di Piala Jerman. Bayern menjadi tim yang paling subur sekaligus tim yang paling rapat di Jerman dengan mengemas 57 gol dan baru kebobolan tujuh gol.

Meski superior, Bayern berpotensi kesulitan meraih hasil bagus di Inggris seiring dengan rekor bagus Arsenal melawan tim-tim Jerman. Berikut data dan fakta pertandingan Arsenal vs Bayern sebagaimana dikutip dari Eurosport.

- Arsenal dan Bayern telah bertemu empat kali sebelumnya di Liga Champions. Bayern menang dua kali, Arsenal sekali dan sisanya berakhir imbang. Pertemuan terakhir keduanya terjadi di musim 2004/05 di babak 16 Besar dan Bayern menang 3-2 secara agregat.

- Arsenal telah memenangi enam dari tujuh laga kandang Liga Champions melawan tim-tim erman, satu-satunya kekalahan yang tercipta saat melawan Schalke di fase grup musim ini.

- Arsenal cuma kalah dua kali dalam 17 pertandingan knock out di kandangnya di Liga Champions (melawan Chelsea pada April 2004 dan melawan Manchester United pada Mei 2009).

- Bayern Munich selalu kalah dalam empat lawatannya ke Inggris di Liga Champions. Kemenangan terakhir mereka di Inggris terjadi pada April 2001 di Old Trafford di babak perempatfinal.

- Bayern Munich selalu mencetak gol dalam 12 pertandingan Liga Champions terakhir. Basel, satu-satunya tim yang berhasil menghentikan mereka mencetak gol pada Februari 2012.

- Arsenal memiliki jumlah tembakan paling sedikit di antara 16 tim yang lolos ke fase knock out (47). Bagimanapun, mereka juga menjadi yang paling efisien dengan mencetak gol per 4,7 tembakan.

- Bayern Munich menjadi tim yang paling sedikit membiarkan tim lawan melepaskan tembakan ke arah gawang di fase grup (17).

- Bayern Munich melepaskan tembakan ke arah gawang dari luar kotak penalti lebih banyak dari tim lain di fase grup (17).

- Bayern Mnich memiliki pencetak gol yang terbanyak di babak grup musim ini (9).

- Olivier Giroud telah menciptakan empat assist di babak grup Liga Champions musim ini, hanya Zlatan Ibrahimovic yang mencatatkan assist lebih banyak dari dia (5).

- Lukas Podolski telah mencetak tiga gol dalam tiga tendangan ke arah gawang di Liga Champions musim ini.

- Mario Gomez telah mencetak 25 gol dalam 26 kali penampilannya sebagai starter di Liga Champions.
(dtc/rin) Sumber: detiksport

Tidak ada komentar:

Posting Komentar