Sabtu, 09 Februari 2013

Cazorla Top Class

FOTO:Getty Images/Clive BrunskillBagi Para The Gunners , Santi Cazorla menjadi pahlawan kemenangan Arsenal ketika menghadapi Sunderland, Sabtu (9/2/2013) malam WIB. Arsene Wenger punya satu komentar atas performa anak buahnya itu: top class!

Gol Cazorla dalam laga di Stadium of Light itu terjadi pada menit ke-36. Diawali oleh Jack Wilshere yang berlari menggiring bola mendekati kotak penalti, bola kemudian diberikan kepada Theo Walcott dan Walcott inilah yang lantas memberikan assist kepada Cazorla.

Setelah menerima bola sodoran dari Walcott, Cazorla langsung melepaskan tendangan. Tendangannya cukup keras, dan ditambah benturan denan bek lawan, membuat Simon Mignolet tak mampu menghalaunya. Bola pun bersarang di pojok bawah gawang.

Itu adalah gol kesembilan Cazorla di Premier League musim ini. Gol itu tak hanya memberikan kemenangan bagi Arsenal, tetapi juga pemecah kebuntuan serta pembeda pada hasil akhir dan permainan.



Arsenal tampil dominan pada laga itu. Catatan statistik menunjukkan bahwa mereka punya 19 tembakan dan lewat setengahnya berstatus on target. Tapi penyelesaian akhir mereka selalu mentah. Ditambah, Mignolet juga tampil apik di bawah gawang Sunderland. Kiper asal Belgia itu tercatat membuat tujuh penyelamatan sepanjang laga.

Gol Cazorla pun bak menjadi penawar dahaga. Apalagi, di babak kedua, setelah Arsenal bermain dengan 10 pemain, Sunderland bangkit dan balas menekan Arsenal. The Gunners pun kesulitan untuk memperlebar keunggulan.

Yang terjadi selanjutnya adalah kepiawaian Wojciech Szczesny dan barisan pertahanan Arsenal. Tanpa mengecilkan peran mereka, gol Cazorla sudah memberikan perbedaan tersendiri. Tanpa gol itu, Arsenal bisa berada dalam posisi yang lebih sulit kala The Black Cats menekan.

Wenger pun tak ragu memberikan pujian ketika ditanya bagaimana performa salah satu anak buahnya itu.

"Top, top class," ucap manajer berkebangsaan Prancis ini di situs resmi klub.

"Ketika Anda memikirkan bahwa dia bukanlah pemain reguler di tim nasional Spanyol, maka itu menunjukkan betapa bagusnya kualitas pemain mereka. Saya pikir, dia tampil luar biasa hari ini."

Cazorla adalah salah satu gelandang kreatif yang dimiliki Premier League dan juga tim nasional Spanyol. Dia kerap dibandingkan dengan Juan Mata (Chelsea) dan David Silva (Manchester City). Uniknya, tidak ada satu pun dari ketiganya yang dapat jaminan tempat reguler di timnas Spanyol.

Catatan lain, Cazorla selalu tampil luar biasa ketika Arsenal dominan. Penampilan terbaik Cazorla sebelum ini adalah ketika dia mencetak hat-trick dan membawa Arsenal menang 5-2 atas Reading. Pada laga itu, Arsenal mendominasi, di mana 67% ball possession mereka kuasai dan 379 passing berhasil mereka selesaikan dengan baik. Cazorla sendiri membuat tujuh tendangan berstatus on target dan melepaskan 28 pass sukses di final-third.

Menarik untuk ditunggu apakah Cazorla bisa terus tampil oke pada musim pertamanya di Premier League ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar